Bupati Karo Buka Forum Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Karo 2023

Bupati Karo Buka Forum Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Karo 2023

topmetro.news – Bupati Karo Cory S Sebayang didampingi Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karo Tahun 2023, Kamis (20/1/2022) di Aula Kantor Bupati Karo.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, para staff ahli Bupati Karo, Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sinaturi MSi, Ketua TP PKK Karo Vera Rika Theopilus Ginting dan para Kepala OPD serta seluruh camat di Karo.

Bupati Karo dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diharapkan menyatukan pola pikir atau aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintahan, baik urusan wajib, urusan pilihan dan urusan penunjang serta yang bersifat sektoral maupun lintas sektoral.

Tujuan Konsultasi Publik

Melalui Konsultasi Publik Rancangan Awal (RKPD) Karo Tahun 2023 ini, tambah Bupati, akan dihasilkan dokumen perencanaan yang mampu mengemban misi penting untuk rancangan awal (RKPD) Provinsi Sumut tahun 2023.

Seperti diketahui, berdasarkan Permendagri No86/2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi Pembangunan Jangka Menengah Daerah (PJMD) serta tata cara perubahan RPJMD dan rencana kerja pemerintah daerah Pasal 80 Ayat (1) menyatakan, Rancangan Awal RKPD dibahas bersama dengan Kepala Perangkat Daerah dan Pemangku Kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik.

Tujuannya untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan dan Pasal 179 Ayat (1) menyatakan bahwa dalam Forum Konsultasi Publik dilaksanakan oleh Bappeda serta diikuti oleh anggota DPRD dan pemangku kepentingan pembangunan.

“Semuanya untuk menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap tujuan, sasaran dan program pembangunan daerah, sehingga Rancangan Awal RKPD Kabupaten Karo Tahun 2023 yang telah disusun dan dibahas dalam Forum Konsultasi Publik, untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan,” ujarnya.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment